Selasa, 13 Juni 2017

PEMBELIAN MENGGUNAKAN TRIGGERS PADA SQL SERVER

Assalammualaikum Wr.Wb
Untuk postingan kali ini saya akan mencoba mempraktekan fungsi Trigger di SQL. Disini saya akan mencoba apabila saya menambahkan record pada TabelBeli maka sesuai KodeBarang yang saya  masukan ke record TabelBeli akan langsung bertambah jumlah Stoknya pada TabelBarang.

Langkah pertama buat Database pada SQL Server, disini saya membuat dengan nama Trigger_Nurmala. Setelah itu buat dua tabel pada database tersebut, disini saya buat dengan nama TabelBeli dan TabelBarang.

























TabelBarang



TabelBeli









Sekarang kita isi record pada TabelBarang dengan cara cara klik kanan pada TabelBarang pilih Edit Top 200 Rows, untuk pengisian TabelBeli akan menggunakan syntax sql.
Isi TabelBarang seperti dibawah ini


















Setelah itu buat source code trigger nya dengan cara klik tanda + pada TabelBeli lalu klik kanan pada folder Triggers, pilih New Triggers
Isi source code pada triggers seperti dibawah ini, lalu jalankan program dengan cara klik Execute, jika semua benar maka muncul message “sukses”.


















Oke Syntax Trigger sudah sukses di execute sekarang kalian tambahkan syntax untuk menampilkan isi dari kedua tabel yang tadi kalian buat, seperti ini


Sekarang waktunya menambahkan isi dari TabelBeli menggunakan syntax, sama seperti 2 gambar diatas kalian hanya perlu menambahkan syntax, memblock lalu mengexecute nya, perhatikan gambar dibawah

























Screenshoot TabelBeli



















Nah sekarang adalah tugas terakhir yaitu mengecek apakah stokk barang dengan kode 501 bertambah atau tidak, caranya blok semua syntax bertuliskan select*from lalu execute, Jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini















Oke cukup sekian tutorial dari saya hari ini apabila kesalahan mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar